Inilah Alasan Facebook membeli WhatsApp



 
Kabar mengejutkan datang dari raksasa jejaring sosial, ‘Facebook’ yang hari ini telah mengumumkan bahwa mereka mengakuisisi WhatsApp dengan dana sekitar $19 miliar atau setara dengan Rp 223 triliun. Setelah sebelumnya, tepatnya tahun 2012 lalu Facebook juga telah membeli aplikasi Instagram senilai 1 miliar dolar.

Salah satu alasan mengapa Facebook membeli aplikasi pesan instan tersebut karena ingin mendapatkan pengguna dari kalangan remaja. Para remaja itu mulai merasa bahwa Facebook kehilangan nilai privasi. Mereka lebih memilih untuk menggunakan layanan aplikasi chatting yang sifatnya lebih tertutup. Dan aplikasi chatting dengan pengguna terbanyak, jelas Facebook akan memilih WhatsApp.

“Untuk sejumlah alasan tak hanya karena iklan saja, melainkan juga karena pengguna WhatsApp adalah anak-anak muda”, ucap analis senior eMarketer, Cathy Boyle seperti dilansir di BBC News dan ditulis Kamis (20/2/2014).

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg menyatakan bahwa layanan WhatsApp sangat berharga. Hal itu disampaikannya pada saat mengumumkan kesepakatan antara perusahaanya dengan WhatsApp.

“WhatsApp telah mengarah untuk menghubungkan 1 miliar orang didunia. Layanan yang berhasil mencapai tonggak itu tentu sangat berharga.” ungkap Zuckerberg seperti yang dimuat laman Forbes.

Ia juga mencatat bahwa perkembangan pengguna WhatsApp dalam lima tahun pertama jauh melebihi jumlah yang dicapai oleh Facebook, Twitter dan perusahaan media sosial populer lainnya.

Sementara itu CEO WhatsApp, Jan Koum, mengatakan “Kami senang dapat berkolaborasi dengan Mark dan Facebook, sembari kami terus membawa WhatsApp ke lebih banyak pengguna di seluruh dunia.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *